Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Tidak Semua Organisasi Aliran Sesat



Bangsa Indonesia adalah suatu bangsa yang mempunyai tingkat keanekaragaman yang tinggi. Indonesia. Indonesia memiliki beranekaragam budaya, suku , adat istiadat dan agama.

Dengan beranekaragam budaya memunculkan berbagai macam ideologi. Salah satunya ideologi keagamaan. Munculnya ideologi keagamaan juga menyebabkan lahirnya suatu aliran. Dengan ideologi orang dapat mengeluarkan ide, gagasan dan pendapat. disitulah orang melahirkan suatu aliran-aliran baru.

SWT menyeru kepada umatnya untuk mengadakan   sebuah kelompok yang mengajak kepada kebaikan dan meninggalkan yang mugkar. Seperti firman-Nya dalam surat Al Imron 104 yang artinya

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung.

[217] Ma'ruf: segala perbuatan yang mendekatkan kita kepada Allah; sedangkan Munkar ialah segala perbuatan yang menjauhkan kita dari pada-Nya.
Namun sekarang ini orang berlomba-lomba dalam mendirikan sebuah golongan yang justru membawa kesesatan kita dapat menyebutnya aliran sesat. Mereka menganggap bahwa merekalah yang paling benar. Orang-orang yang mengajarkan kesesatan membawa ideologi mereka atas dasar agama. Mereka mengajarkan ajaran yyang membuat masyarakat

Tersiar dari berbagai media baik media massa atau elektronik bahwa banyak munculan aliran sesat di Indonesia ini . Salah satunya NII yang mengajarkan kesesatan , salah satu mahasiswa disuatu perguruan tinggi menjadi korbannya.

Sempat terjadi kekhawatiran ketika saya masuk universitas, karena saya jauh dari pengawasan dari orang tua. Orang tua tidak menuntuk saya untuk masuk PTN tapi justru menyuruh masuk universitas islam. Walaupun sudah masuk universitas islam orang tua takut saya mengikuti ajaran yang tidak benar. Banyak orang mengatakan bahwa yang menjadi sasaran aliran-aliran sesat adalah mahasiswa.

Munculnya berbagai aliran sesat di Indonesia menyebabkan masyarakat awam khawatir jika mengikuti suatu organisasi. Ada anggapan bahwa jika ikut organisasi bisa saja diajarkan untuk mengikuti aliran sesat. Namun anggapan itu tidak semuanya benar bahwa dengan berorganisasi orang akan terbawa kepada kesesatan. Sehingga , ketika kita memilih suatu organisasi pilihlah yang benar-benar membawa kemaslahatan bagi diri sendiri dan umat.

2 komentar:

  1. pendapat anda sangat bagus,,,memang, aliran sesat yang bermunculan akhir-akhir ini sangat menghawatirkan kita semua. kita harus pandai-pandai dalam memilih sebuah organisasi. pilihlah organisasi yang benar-benar dapat memberikan percikan pencerahan kepada diri sendiri dan juga umat.
    mantap,,,
    tingkatkan,,,,

    BalasHapus
  2. ea salah satunya masuk IMM dengan begitu kita mempunyai wadah berorganisasi berlandasan islam.

    BalasHapus